Monday 4 April 2016


Perjalanan ke monumen tempat lahirnya panglima besar Jenderal Soedirman sebenarnya tidak terencana pada awal tujuan kita adalah jalan-jalan menuju bukit Sendaren di Panusupan Rembang Purbalingga tetapi setelah perjalanan cukup melelahkan dari purwokerto menuju ke panusupan melalui jalur yang kita lewati dari kaligondang - kalikajar- Pengadegan - sinduraja -Bodas karang jati - Bantar barang akhirnya kita transit di sebuah warung di bantar barang dekat monumen sebelum ke panusupan. sejenak melepas lelah sambil menikmati es teh manis yang kita pesan dan camilan gorengan. setelah lumayan beristirahat kita coba berjalan-jalan ke monumen tempat lahirnya Jenderal Soedirman masuk melalui pintu kecil yang dijaga oleh petugas. bea masuk ke monumen ternyata cuman 2 ribu rupiah kemudian retribusi parkir motor seribu perak.

saat itu jam menunjukkan pukul 9.15 pagi monumen belum banyak pengunjung yang datang baru 4 orang termasuk kita. pemandangan pertama yang terlihat adalah diluar monumen terdapat kendaraan tank tempur dan meriam kemudian masuk bagian dalam bangunan terlihat musholla dan ada dinding yang memanjang berisi relief cerita pangsar sudirman ketika lahir dan berjuang, terdapat juga batu peresmian monumen yang ditanda tangani wapangab tahun 1977. melewati dinding relief terdapat sebuah rumah yang dahulu adalah tempat di mana panglima besar jenderal soedirman dilahirkan dan dibesarkan. memasuki rumah tersebut kita diharuskan melepas alas kaki agar terjaga kebersihan lantai rumah tersebut. rumah tempat lahir jenderal soedirman berbentuk model rumah adat jawa. rumah ini sudah melalui beberapa renovasi untuk menjaga kelestariannya. memasuki bagian dalam masih banyak terdapat beberapa perabot rumah tangga yang dulu pernah digunakan keluarga jenderal soedirman seperti meja kursi, tempat tidur, ayunan bayi, alat makan dan minum, bendera merah putih dll. tampak berderet diorama dibingkai dalam kotak kaca tentang cerita perjalanan hidup pangsar jendral soedirman dari lahir, saat menjadi tentara peta, bergerilya dst.


setelah melihat-lihat bagian dalam rumah induk, kita berpindah ke samping yaitu menuju bangunan berupa aula yang di dalamnya berisi replika tandu yaitu alat untuk membawa pangsar jendral soedirman saat sakit pada perang gerilya melawan penjajahan, terlihat juga baju jas kebesaran yang kerap dipake panglima besar jendral sudirman kemudian di dalam aula juga terdapat kendaraan dokar atau pedati milik keluarga pangsar jenderal soedirman. banyak pajangan di dinding seperti foto, biografi dan tulisan kata-kata mutiara yang pernah diucapkan jenderal soedirman semasa hidupnya.

sebelum melanjutkan perjalanan kita menyempatkan untuk berfoto di depan patung kepanduan jenderal soedirman yang dicat berwarna kuning keemasan. akhirnya setelah puas berkeliling kita langsung beranjak menuju ke tujuan awal kita yaitu ke bukit sendaren panusupan rembang purbalingga
terima kasih sudah mengunjungi blog ku ini jangan lupa melihat video Jalan-jalan ke Monumen Kelahiran Panglima Besar Jenderal Soedirman Desa Bantarbarang Rembang Purbalingga di bawah ini :

Video Monumen Kelahiran Panglima Besar Jenderal Soedirman


Video Tempat Lahirnya Jenderal soedirman Desa Bantarbarang Rembang Purbalingga


1 comment:

Powered by Blogger.

VIDEO TERBARU

Popular Posts