Saturday 9 May 2015

Saat melihat teman di facebook memposting foto-foto dari atas bukit dengan view pemandangan laut di bawahnya membuatku takjub, aku mengira kalo temanku ambil foto-foto tersebut saat sedang berwisata di luar pulau jawa.
aku isi komen di bawah foto yang diposting oleh temanku tersebut menanyakan dimana tempat dia mengambil foto dengan pemandangan yang indah tersebut. eh ternyata menurut penjelasan temanku lokasinya masih di pulau jawa tepatnya di jawa tengah yaitu di desa karang duwur ayah kabupaten kebumen yang bisa ditempuh selama 2 jam dari kotaku yaitu purwokerto.
rencanapun disiapkan. seperti biasa aku cari tahu dulu informasi lewat bantuan mbah gugel tentang tempat wisata tersebut serta rute perjalanan yang harus dilalui. aku hubungi teman yang biasa suka berwisata denganku untuk atur jadwal keberangkatan. akhirnya hari rabu pun dipilih berangkat jam 7.30 pagi dengan persiapan yang simple yaitu air mineral, snack, dan kamera. tidak lupa perlengkapan sarung tangan, kacamata hitam serta masker untuk menghindari kelelahan tangan, silau matahari dan polusi udara saat perjalanan memakai sepeda motor.
aku mulai perjalanan dengan seorang teman yang membonceng motorku melalui rute porka - teluk - wiradadi - sokaraja - kalibagor- kaliori - banyumas - buntu - kemranjen - sumpiuh - tambak - sebelum masuk gombong kita menjumpai di sisi kanan jalan raya yaitu sebuah jalan dengan papan selamat datang di pantai logending dan gua jatijajar kitapun masuk ke arah jalan tersebut melewati desa rowokele jalan gombong-jatijajar - kecamatan ayah dan sampai ke pantai ayah/logending nanti ada beberapa portal tiket tetapi karena hari biasa jadi portal tersebut tidak dijaga petugas nanti sebelum pintu masuk logending atau pantai ayah ada jalan di samping kiri menuju ke arah desa karang duwur yaitu jalan ayah-karang bolong selama perjalanan ke sana kita akan menjumpai tanjakan dan tikungan tajam dan melewati bukit-bukit sekitar 15 - 20 menit barulah kita menjumpai pos untuk pembayaran tiket dan retribusi parkir ke tempat wisata saat itu dikenakan biaya 5.000 rupiah. setelah melewati pos tersebut mulai kita menjumpai jalan tanah liat dan berbatu dengan kondisi menurun tajam dengan pemandangan kanan kirinya bukit dan laut.


di salah satu belokan ada suatu tempat favorit yang dijadikan tempat berfoto karena view yang terlihat wow indah pokoknya. sesudah kita menikmati sebentar kita turun lagi ke bawah ke pantai tempat perahu-perahu berlabuh. lalu kita melewati beberapa warung yang berada di lokasi pantai tersebut menuju jalan tanjakan berupa jalanan tanah liat menuju ke atas bukit menganti. di sebuah pelataran yang datar yang berada di sebelah tower di bukit menganti barulah kita parkirkan motornya. lalu kita menelusuri jalan setapak menuju ke atas ke bagian tower tersebut. dari atas bukit menganti ini kita bisa melihat pemandangan secara jelas hamparan laut yang luas yang akan membuat kita takjub akan keagungan sang Maha Pencipta.

woww.. keren banget, tidak lupa kita mengabadikan keindahan panorama laut dari atas bukit menganti serta berselfie ria dengan latar belakang laut, gugusan bukit dan tower. kitapun sempat menuruni bukit menuju ke bawah ke deretan batu karang hitam untuk melihat dan merasakan deburan ombak. tetapi ada sebuah kejadian yang membuat kita terheran-heran yaitu saat kita melewati batas larangan untuk berfoto-foto di atas karang ternyata datang ombak yang tadinya kecil berubah menjadi lebih besar sampai menyiram kita, untung saja kita tidak terpelanting atau jatuh ke bawah laut. masih bersyukur walaupun baju basah, tas basah dan hape korslet kitapun naik ke atas dengan pikiran masih bingung atas kejadian tadi, sambil beristirahat di sebuah gubuk kecil di atas bukit dengan sewa 10 ribu rupiah kita menjemur baju dan tas kira-kira ada sekitar 1 jam lebih sampai agak kering barulah kita beranjak pergi dari bukit menganti menuju ke tempat destinasi wisata yang lainnya dengan masih mengingat kejadian yang tadi kita alami.



cuplikan video jalan-jalan ke Pantai dan bukit Menganti bisa dilihat di Youtube channel bocah porka jalan-jalan jangan lupa like dan subscribe ya...











Terima kasih buat yang sudah mampir di blogku yang sederhana dan nubie ini ...





2 comments:

  1. Cakeeep gan,, bagus tempatnya. suatu hari kita mau ke salah satu tempat di blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya gan sempetin refreshing kalo ada waktu luang ... makasih udah berkunjung ke blognya bocahporka gan ...

      Delete

Powered by Blogger.

VIDEO TERBARU

Popular Posts