Wednesday 26 October 2016

Mungkin sudah kesekian kalinya mengunjungi dusun kalipagu di desa ketenger kecamatan batur raden kabupaten banyumas karena dusun ini dianugerahi alam yang indah dengan udaranya yang masih sejuk dan penduduknya yang ramah.

selain itu daya tarik dari dusun kalipagu karena terdapat cukup banyak tempat wisatanya dari wisata budaya maupun wisata alamnya seperti bukit cinta, curug Muntu, curug penganten, situs batur lumpang, menara pipa PLTA, kolam tando PLTA dan sekarang yang baru dan sudah mulai dibuka adalah wisata di curug jenggala (kalau dulu disebut dengan nama curug tempuhan kalipagu). walaupun masih digolongkan wisata baru yaitu sekitar satu bulanan tetapi sudah mulai ngehits dan animo wisatawan dari kalangan anak muda, remaja, abg, anak sekolah, mahasiswa mengunjungi curug jenggala sangat tinggi apalagi ditambah dengan kekuatan sosial media yaitu sering banget terlihat foto-foto dan video hasil jalan-jalan ke curug jenggala di share di sosmed seperti instagram, facebook, twitter, youtube, path dll
penambahan fasilitas selfie deck berbentuk love atau hati yang melambangkan cinta dengan latar belakang keindahan curug jenggala ini memberi daya tarik lebih bagi para wisatawan berkunjung ke curug ini.

Untuk menuju ke dusun kalipagu dari purwokerto bisa melewati jalur utama ke baturaden atau jalur yang menuju wisata small world taman miniatur dunia kemudian meneruskan rute perjalanan ke jalur curug bayan atau gede dari samping vila homestay curug bayan ada sebuah jalan yang menanjak menuju dusun kalipagu kemudian saat memasuki portal di dusun kalipagu setiap orang akan dikenakan tiket yaitu sebesar 5 ribu rupiah untuk bisa mengakses semua tempat wisata di dusun kalipagu ini termasuk curug jenggala kemudian bila membawa kendaraan motor bisa dititipkan di rumah-rumah penduduk yang dialihfungsikan halaman rumahnya menjadi tempat parkir motor dengan membayar retribusi parkir sebesar 2 ribu rupiah.


dari tempat parkir motor menuju curug jenggala bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar setengah jam melewati pipa air PLTA- areal persawahan - kolam tando PLTA- jembatan air kolam tando kemudian ambil arah ke kiri yang menuju curug penganten kira-kira sekitar 200 meter jarak yang ditempuh dari kolam tando. dan akses jalan menuju ke curug jenggala sudah lumayan bagus yaitu track berupa tanah liat yang agak lebar dan dibuat berundak saat track naik dan track bebatuan hanya saja saat hujan jalanan licin dan becek jadi harus berhati-hati waktu melangkah. kondisi jalan yang cukup menanjak lumayan juga menguras tenaga walaupun jaraknya hanya 200 meter, sangat disarankan membawa bekal air minum untuk menghilangkan dahaga dan lelah.

untuk bisa berselfie di dek berbentuk hati / love / lambang cinta ini tetap harus mengantri bergantian saat ramai kunjungan apalagi saat weekend atau hari libur.



terima kasih sudah berkunjung di blog bocah porka ini jangan lupa lihat video Jalan-jalan Ke Curug Jenggala & Selfie Deck Love Kalipagu Ketenger Banyumas di bawah ini :

TRIP TO CURUG JENGGALA 
















LOVE SELFIE DECK CURUG JENGGALA



3 comments:

  1. sumpah bener bener asyik bgt mengunjungu curug jenggala, dari baru dibuka sampai sekarang harga tiket curug jenggala tidak pernah naik. curug jenggala kerenn.

    ReplyDelete
  2. Duhhh nyong urung pernah mene luuurr....

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

VIDEO TERBARU

Popular Posts