Wednesday 27 July 2016




Kebun Teh Kaligua terletak di desa pandansari kecamatan paguyangan masih termasuk dalam kabupaten Brebes. karena berada di dataran tinggi hawa sejuk tetap terasa walaupun di siang hari. di kenal dengan agro wisatanya yaitu perkebunan teh yang luas membentang serta tanaman khas dataran tinggi yaitu sayur-sayuran kobis, kol, kentang dll.
terdapat banyak fasilitas-fasilitas pendukung agar para wisatawan merasa lebih nyaman bila berkunjung ke sana seperti wisma penginapan, toilet, mushola, gasebo, tempat parkir yang luas, pos keamanan dan fasilitas umum lainnya. selain itu apabila akhir pekan pengunjung dimanjakan dengan kehadiran orkes melayu atau organ tunggal yang membawakan lagu-lagu dangdut terkenal. dilengkapi sarana outbond seperti flying fox dll menambah variasi bagi pengunjung untuk bisa melepaskan rutinitas sehari-hari. tidak ketinggalan wahana permainan anak seperti ayunan, becak air, ember tumpah serta gardu pandang.
di kawasan kaligua ini selain agrowisata kebun tehnya, wisatawan juga bisa berkunjung menikmati mata air abadi tuk bening, air terjun serta gua jepang. untuk menuju gua jepang wisatawan bisa berjalan kaki sejauh 500 meter atau menggunakan kereta odong-odong dengan  tarif yang sangat  terjangkau.
untuk menuju agrowisata kaligua kalau dari arah purwokerto bisa menggunakan beberapa jalur yaitu purwokerto - cilongok - ajibarang - paguyangan  atau memakai jalur alternatif sampai di losari cilongok lewat jalur pekuncen - legok - paguyangan setelah polsek paguyangan kira-kira 2 km ada papan petunjuk arah ke kaligua

selama menuju ke lokawisata kaligua akses jalan banyak yang berliku menanjak tajam melewati hutan-hutan pinus dan damar. pemandangan bukit, lembah dan pemukiman penduduk terbentang di sepanjang jalan. bila merasa lelah pengunjung bisa berhenti sejenak di loka wisata tlogo ranjeng menikmati keindahan telaga ranjeng sambil memberi umpan ikan lele yang banyak terdapat di telaga ini.
melanjutkan perjalanan dari telaga ranjeng sekitar 2 km barulah sampai di gerbang loket masuk agrowisata kaligua. pengunjung diharuskan membeli tiket masuk dan parkir. untuk tarif tiket masuk saat itu sebesar 15 ribu rupiah / orang sudah termasuk tiket terusan masuk gua jepang dan mata air abadi tuk bening sedangkan tarif parkir untuk sepeda motor dikenakan 2 ribu rupiah / motor.

dari gerbang loket masuk ternyata masih cukup jauh menuju tempat parkiran agrowisata kaligua mungkin sekitar 2 km. di lokasi parkiran banyak petugas yang mengenakan topi koboi sebagai identitasnya bertugas mengatur kendaraan wisatawan untuk diparkirkan.
selama berada di kaligua selain berfoto di kawasan perkebunan teh, tempat lain yang menjadi favorit para pengunjung adalah di gua jepang. berfoto bersama patung berseragam tentara jepang menjadi rebutan wisatawan di mulut gua.

karena terletak di dataran tinggi kadang kabut turun menyelimuti lokawisata kaligua hawa yang sejuk bisa berubah menjadi dingin sehingga persiapan jaket, syal dan kupluk penutup kepala di perlukan apalagi kalau berkeinginan menginap di lokawisata ini.
setelah puas mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di kawasan kaligua jangan lupa menyempatkan untuk membeli oleh-oleh berupa teh yang sudah dalam kemasan, ada beberapa varian teh yang diproduksi oleh PTPN (PT. Perkebunan Nusantara) IX Kaligua seperti teh hitam, teh hijau, teh putih yang bermanfaat bagi kesehatan.
Terima kasih sudah berkunjung ke blogku ini, untuk selengkapnya bisa melihat video jalan-jalan ke Kebun Teh dan gua jepang Kaligua Desa Pandansari Paguyangan Brebes di bawah ini







0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

VIDEO TERBARU

Popular Posts