Friday 1 April 2016

ini adalah kelanjutan jalan-jalan mengunjungi wisata di kebumen setelah trip dari bukit langit giripurno karang anyar, kita beranjak menuju wisata sejarah yaitu wisata ke benteng Van der Wijck yang berada di tengah-tengah kota Gombong perjalanan dari bukit langit giripurno menuju ke benteng memakan waktu sekitar 1/2 jam. sesampai di kota gombong kita akan menjumpai baliho cukup besar yang menunjukkan arah ke benteng Van Der Wijck yang berjarak 1 km dari jalan raya. sesampai di dekat gerbang masuk benteng kita memarkirkan sepeda motor di sebuah rumah penduduk yang dijadikan tempat parkir dengan biaya retribusi 3000 / motor. setelah memarkirkan kendaraan, kita langsung menuju loket penjualan tiket untuk masuk ke benteng Van Der Wijck. Agak terkejut juga melihat harga tiket masuk ke benteng sebesar 25 ribu rupiah yang ternyata paketan yaitu sudah termasuk tiket ke wahana permainan air atau water park dan kereta wisata atas benteng. sayangnya karena tak ada persiapan membawa baju ganti jadi kita tidak memanfaatkan tiket masuk ke water parknya. dari pintu gerbang loket menuju ke benteng Van Der Wijck kita harus berjalan kaki menempuh perjalanan sekitar 100 meter bisa juga memanfaatkan kereta odong-odong yang beroperasi di sekitar benteng.
dari kejauhan sudah tampak benteng Van Der Wijk ini masih terlihat kokoh, bangunan tua bersejarah peninggalan belanda ini dinding-dindingnya dicat dengan warna merah maroon di sebelah pintu gerbang terdapat kendaraan tank dan meriam serta patung prajurit belanda yang berdiri tegak mengapit senjata laras panjang.

setelah memasuki gerbang benteng akan dijumpai halaman dalam benteng yang cukup luas berbentuk polygon . Benteng Van Der Wijck ini ternyata pernah menjadi lokasi pembuatan film the Raid 2 Berandal yang dibintangi iko uwais. dalam pembuatan film the raid 2, lokasi benteng ini di jadikan sebuah penjara para penjahat kelas kakap sedang halaman dalam benteng menjadi ajang pertempuran para geng napi yang berselisih. selain menjadi lokasi syuting film, Grup Band Slank juga pernah membuat video klip dengan lokasi pembuatannya di kawasan benteng Van der wijck ini

memasuki ruangan dalam benteng terdapat banyak lorong-lorong dan ruang-ruang yang dulu difungsikan sebagai ruang kerja pejabat-pejabat di gombong ini yang sekarang beralih fungsi untuk memajang peninggalan dan foto-foto bersejarah tentang benteng Van Der Wijck ini.
setelah puas melihat bagian-bagian ruang dalam benteng kita melanjutkan naik ke bagian atas benteng untuk mencoba naik kereta wisata di atas benteng ini. cukup unik juga melihat ada wahana kereta mini yang beroperasi di atas benteng.
singkatnya kita sudah berada di kereta wisata ini untuk menelusuri bagian per bagian atas benteng, dari atas terlihat kawasan seputar benteng, taman-taman dengan patung binatang dan panggung hiburan. sekitar 10 menit akhirnya selesai sudah kita mengintari bagian atas benteng dengan kereta wisata ini.
karena waktu yang membatasi akhirnya kita memutuskan untuk kembali pulang menuju ke kota purwokerto
demikian cerita jalan-jalan kita di kabupaten kebumen
terima kasih buat blog walkingnya gaes untuk lebih lengkapnya jangan lupa lihat video jalan-jalan ke benteng Vanderwijck Gombong di bawah ini :

TRIP TO BENTENG VAN DER WIJCK GOMBONG KEBUMEN



0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

VIDEO TERBARU

Popular Posts