Sunday 10 May 2015

ini adalah lanjutan jalan-jalan aku dan temanku setelah mengunjungi objek wisata pantai dan bukit menganti di desa karang duwur kecamatan ayah kebumen yaitu menuju ke gua jatijajar yang berada di desa jatijajar gombong jawa tengah.

perjalanan sehabis dari bukit menganti ke gua jatijajar melewati jalan saat kita datang ke bukit dengan jalanan tanjakan, turunan dan tikungan tajam. karena hari sudah semakin siang dan perutpun mulai keroncongan lagi, kita putuskan untuk makan siang dulu dengan mencari warung makan yang menjual nasi rames atau masakan padang soalnya kalo perut belum terisi nasi belum afdol rasanya. akhirnya kita menemukan di pinggir jalan di sebelah toko barang-barang elektronik ada sebuah warung makan yang menyediakan beberapa menu seperti nasi rames, bakso, soto, mie ayam dan bermacam minuman. sesudah makan dan istirahat sebentar kitapun melanjutkan perjalanan menuju objek wisata gua jatijajar. ada sekitar 30-45 menit perjalanan menuju kesana dengan melewati beberapa perkampungan akhirnya sampai di lokasi yaitu desa jatijajar akupun memarkirkan sepeda motor di salah satu lokasi tempat parkir yang sebenarnya halaman sebuah rumah yang disulap jadi tempat parkir untuk tarif parkir dikenakan 3000 rupiah.

kita pun melanjutkan berjalan kaki dari lokasi parkir ke tempat penjualan tiket masuk ke gua jatijajar dengan harga tiket masuk 5000 rupiah per orang.
masuk dalam area di luar gua kita akan menemukan sebuah kolam renang yang airnya berasal dari sumber mata air yang masih alami,  di sana pengunjung bisa berenang tanpa dipungut biaya alias gratis ada sebuah pemandangan yang menarik yaitu banyak anak-anak atau remaja yang sedang berenang meminta sumbangan kepada pengunjung yang sedang lewat untuk melemparkan uang koin ke dalam kolam renang
yang kedalamannya sekitar 2-3 meter, nanti mereka akan berebutan mencari koin yang dilempar ke dasar kolam renang tersebut lanjut setelah melewati kolam renang kita akan melihat sebuah replika patung dinosaurus yang besar, kalau mau kita bisa menaikinya ke atas punggung patung dinosaurus tersebut. sehabis mengambil foto dengan latar belakang patung dinosaurus tersebut kita melanjutkan perjalanan menuju goa dengan melewati beberapa anak tangga menuju ke atas cukup melelahkan sampai akhirnya kita sampai di mulut gua.

banyak fotografer keliling yang menawarkan foto langsung jadi di dalam obyek gua jatijajar ini. berjalan menyusuri gua jatijajar ini hawa di dalam terasa sejuk dengan melewati tangga-tangga dengan pegangan di samping kanan kirinya jadi akan merasa aman, di sana nanti akan terlihat beberapa patung-patung legenda raden kamandaka seperti patung monyet, harimau dan dewi ciptoroso, sayang banyak coretan-coretan di dinding gua dari pengunjung nakal yang mengurangi keindahan dalam gua ini, nanti setelah beberapa meter kita menemukan beberapa sendang seperti sendang mawar dan kanthil yang konon katanya bila kita membasuh muka atau tubuh kita dengan air tersebut bisa awet muda. bau menyengat dari kemenyan, dupa atau sesajen yang di tempatkan di sekitar sendang mawar dan kanthil menambah aroma mistis dari tempat ini maka sempat dalam satu acara misteri TV swasta yang dibawakan pelawak tukul arwana, gua jatijajar ini menjadi lokasi acaranya. tidak terasa berjalan di dalam gua karena hawanya yang sejuk sampailah kita di tangga menuju pintu keluar. kita menyempatkan foto-foto dulu di bagian pintu keluar untuk akhirnya menuju tempat parkir motor dengan melewati pasar seni yang kebanyakan berisi kios-kios pedagang kerajinan seperti baju lurik, batik, blangkon, topeng monyet, kaos dan souvenir lainnya.
sore menjelang kita pun memutuskan pulang kembali menuju ke kota purwokerto biar sampai ke purwokerto sebelum waktu maghrib tiba.

Simak video jalan-jalan ke gua jatijajar di youtube channel bocahporka jalan-jalan
jangan lupa like dan subscribe ya ... terima kasih sudah mampir di blogku ini.