Tuesday 1 September 2015

jalan-jalan ini merupakan lanjutan jalan-jalanku bersama seorang kawan di daerah cilacap setelah mengunjungi benteng pendem di kawasan pantai teluk penyu.
untuk menuju pantai pasir putih karang pandan pulau nusa kambangan kami menggunakan jasa perahu motor yang disewakan nelayan dengan tarif pulang-pergi 25 ribu rupiah / orang ... mungkin kalau rombongan bisa negoisasi harga lebih murah untuk sewa perahunya.
setelah menunggu di pantai beberapa saat perahu yang kami pesan datang dari arah pulau nusa kambangan membawa pulang wisatawan yang sudah lebih dulu ke sana.
singkatnya kita sudah di atas perahu menuju ke arah nusa kambangan, debur air laut menyertai perjalanan kita ke sana, sedikit oleng perahu yang kita tumpangi karena pada saat siang itu ombak agak besar tetapi karena di sisi kanan kirinya ada sirip kayu penyeimbang jadi tidak terlalu besar goncangan yang disebabkan oleh ombak.
akhirnya setelah 15 menit perjalanan kita sampai di pantai pasir putih tebeng di pulau nusa kambangan bagian timur,  perahupun ditambatkan dengan dibantu didorong beberapa orang agar perahu tidak terbawa arus laut.
kita turun dari atas perahu menuju ke loket pembelian tiket masuk ke dalam pulau, dengan tarif 5000 rupiah per orang kita bisa menikmati beberapa lokasi wisata dalam pulau seperti gua yakni gua Eyang Wiryalodra dan gua Eyang Nagaraja, benteng karang bolong, pantai karang pandan.
yang sedikit unik ternyata di dalam pulau banyak penjual batu akik dan ada sebuah angkutan odong-odong yang menawarkan jasa mengantar para wisatawan ke arah lokasi wisata dengan tarif 5000 rupiah sekali jalan. karena ingin menikmati suasana di dalam pulau kita memutuskan jalan kaki menuju lokasi wisata.

untuk lokasi wisata pertama yang kita kunjungi adalah benteng karang bolong. dengan melewati sebuah gerbang yang temboknya berbalutkan akar-akar pohon yang menjulang menambah kesan artistik. masuk ke area benteng terlihat beberapa buah meriam-meriam yang digunakan untuk pertahanan pada jaman perang dahulu. saat memasuki lorong-lorong gelap di dalam benteng suasana mistis semakin terasa apalagi waktu sore suasana benteng sangat sepi. dalam benteng banyak terdapat ruangan ruangan dan ada sebuah lubang pengintaian yang menarik untuk dilihat. dari lubang pengintaian kita bisa melihat jelas lautan lepas, kapal-kapal besar dan perahu nelayan yang melintas di sekitar pulau nusa kambangan. setelah puas melihat benteng karang bolong. kita menuju ke arah pantai pasir putih karang pandan, yang berjarak 100 meter dari benteng

menikmati pemandangan lautan lepas yang terhampar luas di pantai karang pandan dengan debur ombak dan angin yang sepoi sepoi serta lembutnya pasir putih sejenak melepaskan kepenatan hari itu. kebetulan saat itu masih ada warung yang buka, untuk mengobati dahaga kita memesan 2 gelas es teh  dari situ kita ngobrol dengan sepasang suami istri pemilik warung yang ternyata kalau saat weekend malamnya mereka menginap di warungnya untuk melayani para pemancing maupun orang-orang yang kemping di sekitar pantai.

karena hari sudah semakin sore saatnya untuk kembali ke pantai tebeng, pada waktu perjalanan kita berkenalan dengan 2 kawan baru dari sebuah klub motor ciamis jawa barat, untuk menyingkat waktu menuju pantai tebeng kita memutuskan naik odong-odong
sambil menunggu perahu yang mengantar pulang, kita bersama kawan baru mengunjungi gua Eyang Wiryalodra dan gua Eyang Nagaraja yang dekat dengan tempat pool perahu. ke dua gua saling berdekatan tetapi belum ada penerangan jadi untuk melihat ke dalam gua harus menggunakan senter. bau kotoran kelelawar terasa menyengat hidung suasana mistis dan lembab membuat kita urung menelusuri gua lebih jauh.
setelah melihat kedua gua tersebut, kita memutuskan untuk kembali ke pool karena perahu yang mengantar kembali ke pantai teluk penyu ternyata sudah siap untuk berangkat.

itulah sedikit cerita jalan-jalan kita ke pantai pasir putih karang pandan dan benteng portugis karang bolong nusa kambangan cilacap

simak video jalan-jalan kita ke pantai pasir putih karang pandan dan benteng portugis karang bolong nusa kambangan cilacap jangan lupa like sama subscribe ya ... thanks sudah berkunjung ke blog ku ini






1 comment:

Powered by Blogger.

VIDEO TERBARU

Popular Posts