Wednesday 19 August 2015




Kali ini kita jalan-jalan ke salah satu bangunan bersejarah yang menjadi saksi perjuangan para pejuang di daerah cilacap saat pendudukan tentara belanda dan jepang.
berangkat pada pagi hari dengan seorang teman dari purwokerto dengan menggunakan sepeda motor ke daerah cilacap melewati jalur patikraja - rawalo - menganti - tritih lor sampai ke tritih kita melintas di depan pintu masuk bandara tunggul wulung dan kawasan industri hingga akhirnya sampai di gerbang loket kawasan wisata laut pantai teluk penyu.
perjalanan yang memakan waktu sekitar 2 jam lumayan membuat lelah sehingga kita memutuskan untuk istirahat di pinggiran pantai di bawah sebuah pohon sambil menikmati bekal yang kita bawa.
cuaca di cilacap lumayan terik dan panas membuat kita gerah, untung saja kita membawa bekal minuman yang banyak.
setelah istirahat sejenak dan menikmati pemandangan laut dengan debur ombak serta perahu-perahu nelayan yang berlayar , kita beranjak untuk menuju ke lokawisata benteng pendem yang masih berada di kawasan pantai teluk penyu. benteng ini dinamakan benteng pendem karena dibangun di bawah permukaan tanah untuk pertahanan serangan musuh dari laut
sesampai di area wisata benteng pendem, aku parkirkan sepeda motorku kemudian langsung menuju ke tempat loket untuk membeli tiket masuk wisata benteng pendem
saat masuk ke kawasan benteng pendem akan kita lewati sebuah jembatan yang melintasi sungai buatan yang mengelilingi benteng. sungai ini dimanfaatkan juga untuk penyewaan becak air. kemudian sesudah memasuki pintu masuk utama kita bisa menyaksikan detail demi detail benteng pendem tersebut. kalau ingin penjelasan yang lengkap mengenai keberadaan benteng pendem tersebut bisa menyewa jasa guide yang akan memandu menyusuri benteng.
ternyata luas juga area benteng pendem ini kita susuri banyak ruangan yang ada di benteng yang menjadi saksi betapa kejamnya para penjajah belanda dan jepang menyiksa pejuang yang menjadi tahanan di ruang penjara,  terlihat juga ruang amunisi senjata, barak sayangnya masih ada tangan usil yang mencorat-coret dinding atau bagian lain di benteng pendem yang mengurangi keindahan. jangan lupa untuk melewati terowongan benteng bawah tanah karena kurang berkesan kalau belum melewatinya. suasana mistis, sunyi, gelap, lembab dan becek begitu terasa di dalam sana tetapi jangan lupa untuk membawa senter bila masuk ke dalam lorong ini karena belum adanya penerangan dan hati-hati juga jalan yang kita lewati agak licin, becek atau banyak genangan air.
lumayan melelahkan kita menyusuri benteng akhirnya kita putuskan beristirahat di gazebo sisi benteng yang menghadap pulau nusa kambangan yang nantinya menjadi tujuan wisata selanjutnya pada hari itu.

lihat juga video Jalan-jalan kita ke Benteng Pendem Teluk Penyu Cilacap jangan lupa like dan subscribe ya...
thanks buat kunjungan ke blog ku ini




0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

VIDEO TERBARU

Popular Posts