Friday 14 August 2015

rencana jalan-jalan ke bukit tranggulasih sebenarnya sudah lama tapi gara-gara menunggu sepupuku yang kuliah di jakarta
jadi tertunda.  Dia pengin banget ikut karena penasaran lihat sunrisenya. dan akhirnya kesempatanpun tiba yaitu ketika dia liburan semester.
kita buat kesepakatan berangkat ke bukit tranggulasih yaitu hari minggu jam 3 pagi dengan diantar oleh teman kakak sepupuku yang sudah pernah kesana.
persiapan untuk naik ke bukit tidak terlalu ribet karena sudah di kasih tahu kalau bawa perlengkapan secukupnya seperti jaket dan air mineral sama kamera buat abadikan sunrisenya.

jam 3 pagi tepat kita berangkat memakai kendaraan motor menuju bukit tranggulasi lewat jalan arah baturaden - gerbang mandala - - desa ketenger - curug gede - desa melung - desa windujaya (grumbul peninis). setelah perjalanan yang memakan waktu 30-40 menit dari purwokerto akhirnya kita sampai dilokasi grumbul peninis
jalan menuju ke bukit walaupun sudah pake jalan beton semen tapi jalannya menanjak kira-kira sekitar 50 derajat. setelah melewati tanjakan jalan sampailah di lokasi dimana kita memarkirkan kendaraan dengan biaya parkir sebesar Rp. 3000 yang dikelola oleh masyarakat setempat.
jam saat itu baru menunjukkan pukul setengah 4 lebih, kita pun melanjutkan perjalanan menuju ke atas bukit dengan mendaki melalui jalan setapak yang sudah di buat oleh penduduk sekitar. walaupun hanya 10 menit tetapi bagi yang jarang melakukan tracking mendaki bukit akan terasa melelahkan.

sampai di atas bukit ternyata sudah banyak anak-anak muda yang berkemah di sana mungkin karena weekend jadi lumayan banyak yang berkunjung ke bukit tranggulasih ini. karena penuh tempatnya kita pun naik lagi ke sisi bukit mencari tempat yang lebih lapang buat istirahat.
di sisi bukit  kita mendirikan kemah untuk sekedar beristirahat sementara sambil menantikan terbitnya matahari.
sekitar pukul 5 pagi kita turun menuju spot tempat melihat sunrise. dari spot ini kita bisa melihat gemerlap lampu kota purwokerto karena saat itu masih gelap dan lampu-lampu belum di padamkan. bisa dikatakan selain menjadi bukit sunrise tranggulasih juga jadi alternatif bukit bintangnya purwokerto
Setelah kita menunggu beberapa menit dengan menahan sedikit kantuk dan rasa dingin akhirnya semburat warna jingga mulai tampak di ufuk timur menandakan proses terbitnya matahari.
sinar matahari yang masih dengan malu-malu menyapa bumi ternyata lama-lama terhalangi dengan munculnya kabut yang menyelimuti dan awan yang tampak mendung seperti mau hujan. perasaan kecewa pun datang kita berpikir mungkin belum beruntung gak bisa lihat sunrise. tapi setelah menunggu beberapa saat dan akan memutuskan turun ke bawah bukit. akhirnya sinar mataharipun menyibak tebalnya kabut dan awan yang mendung sehingga perasaan kecewa dan putus asa pun sirna. cahaya yang mulai memancar menerangi bumi membuka sedikit demi sedikit pemandangan indah yang terhampar. terlihat jelas pemandangan tampak gagahnya gunung slamet dan bukit cendana yang menjulang ketika datangnya sunrise. Wowww.... pokoknya gak kalah sama bukit sikunir.

lihat yuk video jalan - jalan ke bukit Tranggulasih Desa Windujaya Grumbul Peninis berburu sunrise
jangan lupa subscribe dong... hehe