Thursday 13 August 2015

Pada hari sabtu hari kedua sesudah hari raya idul fitri aku diajakin sama tetangga yang lagi mudik ceritanya, dia dan teman-teman sekostnya di perantauan pengen jalan-jalan ke bukit sikunir wonosobo. menurut cerita di sosmed pemandangan bukit sikunir bagus banget apalagi kalau mau lihat matahari terbit atau sunrise. karena penasaran akupun mengiyakan untuk ikut serta dalam perjalanan ini.
persiapan demi persiapan mulai dilakukan untuk menghadapi udara dingin di bukit sikunir seperti jaket, kaos tangan dan kaki, kupluk dan syal.
berangkat dari purwokerto malam hari sesudah isya karena kita berjanji bertemu seorang teman di daerah rembang purbalingga yg ingin ikut serta.
sesampai rembang kita sempatkan istirahat di sebuah pom bensin dan mengisi bbm.  kitapun berangkat berlima dengan menggunakan 3 motor, 2 orang diantaranya berboncengan untuk jalur yang kita lewati adalah karang kobar banjarnegara - batur - dieng - sembungan-sikunir.
selama perjalanan kita sempatkan untuk beristirahat berkali-kali dan mengisi bbm untuk berjaga-jaga hingga jam 2.30 pagi kita baru masuk desa sembungan dimana bukit sikunir berada karena sempet nyasar nyasar di suatu tempat
setelah membayar retribusi masuk dan parkir kita memarkirkan kendaraan motor kita deket dengan telaga cebongan
udara dingin pagi di bukit sikunir kerasa banget sampai badan padahal sudah pakai jaket, sarung tangan dan kupluk mungkin kalau pakai jaket khusus panjat gunung tidak terlalu berasa.
kita mendirikan tenda buat tempat istirahat dan membeli satu ikat kayu bakar dan beberapa cangkir kopi untuk menghangatkan tubuh sambil menunggu pengumuman dibukanya jalur pendakian bukit sikunir jam 3 pagi. barulah sekitar jam 4 kita melangkahkan kaki ke jalur pendakian bukit mungkin karena weekend juga masih libur lebaran jalur pendakian lumayan padat oleh wisatawan.
udara dingin dan debu yang tersebar karena injakan kaki para wisatawan yang mendaki bukit sikunir lumayan membuat terbatuk dan mata kelilipan. sekitar 15-20 menit menempuh perjalanan sampailah di salah satu bagian bukit sikunir yaitu spot favorit wisatawan untuk melihat sunrise.
mungkin ada sekitar1 jam an menunggu untuk melihat sunrise akhirnya moment itu pun datang yaitu sinar jingga dari ufuk timur menandakan proses terbitnya matahari segera dimulai.
penantian yang butuh pengorbanan yaitu rela bersusah payah mendaki dengan udara dingin yang menusuk tulang serta debu yang membuat kelilipan mata akhirnya terbayar setelah melihat pemandangan luar biasa yaitu indahnya sunrise yang diselubungi awan di sekitar pegunungan sindoro sumbing. wowww.....

lihat yuk ...video jalan-jalan kita ke bukit sikunir desa sembungan kecamatan kejajar Wonosobo