Sunday 16 August 2015

Jalan-jalan kali ini sebenarnya sekaligus mengunjungi seorang teman yang rumahnya deket dengan penyebrangan ke pulau. setelah melalui perjalanan dengan menggunakan sepeda motor dari jakarta - tangerang sampailah di rumah seorang teman di daerah teluk naga kita menginap barang 1 hari untuk selanjutnya keesokannya baru menyeberang ke pulau.
Pagi itu kita sudah prepare dengan menyiapkan bekal makanan yang dibeli dari salah satu minimarket

kita berempat berangkat dengan menggunakan perahu bermotor dari pantai tanjung pasir dengan membayar jasa penyeberangan 20 ribu kira-kira 30 menitan sampailah di dermaga pulau untung jawa. sampai di sana banyak yang menawarkan jasa becak bermotor yang siap mengantarkan wisatawan untuk keliling pulau.
di pulau untung jawa ini ternyata sudah banyak orang yang mendiami dengan fasilitas yang cukup bagus dermaga yang luas, jalan tracking dari beton semen, banyak gazebo, homestay, masjid dan puskesmas bangunannya modern, pemancar sinyal operator seluler, warung-warung makan dan merchandise cuman airnya kalau buat cuci muka agak payau dan lengket. setelah melihat-lihat berkeliling sebentar, kita mampir

di sebuah gazebo yang ada deket pantai kita beristirahat sambil menyantap bekal yang sudah kita bawa. dari gazebo kita bisa melihat pemandangan di mana para wisatawan pada asik bermain banana boat di laut, memancing ikan dan ada juga yang bersepeda keliling pulau karena di sana juga ada tempat penyewaan sepeda untuk berkeliling.
setelah beristirahat cukup kita lanjutkan berkeliling pulau melewati hutan bakau dan menikmati pasir putih pantai di sisi pulau. tak terasa sorepun tiba sambil melihat indahnya sunset di pulau ini kita sepakat untuk menginap di pulau untung jawa karena pengin merasakan malam di pulau ini. kebetulan istri temanku punya saudara di pulau ini jadi bisa menginap di sana.

waktu malam hari kita berjalan-jalan keluar untuk makan malam. ada satu lapak yang menjual nasi goreng yang menjadi pilihan kita untuk santap malam. kita pun sempet ngobrol dengan penjual nasi goreng yang ternyata adalah orang gambarsari kebasen banyumas yang sudah menjadi penduduk sana. alhasil ngobrol dengan bahasa ngapak pun jadi pengobat rindu akan kampung halaman.
sehabis santap malam temenku membeli kail untuk memancing di sekitar dermaga. sambil menikmati keindahan malam dan debur ombak yang semakin tinggi gak terasa aku ketiduran di gazebo yang letaknya deket dermaga. aku terhenyak dari tidur setelah temanku membangunkan setelah selesai mancing. kitapun pulang ke tempat saudara istri temanku untuk tidur.

kira-kira jam 5 pagi kita bangun karena pengen lihat sunrise di pantai di sisi pulau ternyata di sana sudah banyak kemah yang berdiri padahal pas sore kemarin belum ada, ternyata mereka datang pada malam hari dan langsung berkemah di sana. setelah ditunggu-tunggu akhirnya sunrisenya muncul dengan ditandai sinar jingga di kejauhan dan cahaya kilaunya di air laut. pemandangan ini tidak lupa aku abadikan dengan sebuah foto keindahan sunrise ditambah dengan kapal-kapal nelayan yang sedang berlayar di lautan.
hari terakhir di pulau untung jawa aku puaskan untuk melihat-lihat sekeliling pulau lagi , berfoto ria dan membeli beberapa merchandise sebagai kenang-kenangan. menghabiskan waktu sambil menunggu kedatangan perahu compreng untuk mengantar pulang kembali ke tanjung pasir.