Saturday 2 January 2016

tidak bosan-bosannya kita mengunjungi kembali desa kalipagu di kawasan batur raden karena alamnya yang indah dan udaranya yang sejuk.
banyak spot wisata alam di desa kalipagu seperti bukit cinta dan cendana serta keberadaan air-air terjun atau curug yang berada di daerah kalipagu ini.
setelah beberapa waktu yang lalu kita telah mengunjungi curug penganten, untuk kali ini kita berkesempatan untuk berwisata ke salah satu curug lainnya yaitu curug muntu
untuk akses ke curug muntu seperti biasa kita melewati jalan di samping curug bayan untuk menuju desa
kalipagu, setelah melewati portal masuk dan memarkirkan kendaraan di depan rumah penduduk, aku dan 2 orang kawan langsung melangkahkan kaki ke jalur gorong-gorong / pipa kemudian berjalan melintasi kolam tando PLTA ketenger, sebelum melewati jembatan setapak akan kita temui papan petunjuk arah ke curug muntu yang bertuliskan Curug Muntu 100 meter lagi gaes ...

pertama kita harus berjalan menuju ke seberang sungai yang saat itu sedang kering dengan melompat melewati bebatuan yang sudah berlumut sesampai di seberang barulah kita mulai menyusuri jalanan tanah yang lumayan gembur dan jembatan-jembatan darurat yang terbuat dari kayu. diperlukan kewaspadaan saat melewati jalan setapak menuju curug karena agak licin dan sebelah kanannya jurang yang cukup dalam.
sesampainya di sebuah tikungan dengan kondisi jalan yang menurun kita sudah bisa melihat keberadaan curug muntu yang dikelilingi pepohonan yang rindang.

walaupun sudah sampai di aliran sungai curug, kita tetap harus menyusuri bebatuan di samping kanan sungai untuk bisa menuju ke bawah curug muntu. beruntung kita bertemu salah satu penghuni curug ini.

dan ... akhirnya sampai juga di curug muntu walaupun air terjunnya saat itu mengalir tidak begitu deras tetapi suasana yang sejuk dan airnya yang jernih mengobati rasa kecewa kita.
menikmati air terjun / curug rasanya belum puas kalo tidak menceburkan diri ke dalamnya maka aku dan seorang kawan kemudian turun berenang di sana. setelah puas berenang dan mengambil beberapa foto di sekitar air terjun kitapun beranjak pulang.

untuk selengkapnya lihat video jalan-jalan ke Curug Muntu Desa Kalipagu Baturaden kabupaten Banyumas



Terima kasih blog walkingnya gaes ...

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

VIDEO TERBARU

Popular Posts