Saturday 2 January 2016

semakin booming saja wisata bukit yang berada di kawasan kabupaten banyumas setelah bukit cendana, watumeja, gunung depok atau bukit binangun taman angkasa, bukit cinta kalipagu, bukit tranggulasih sekarang muncul wisata bukit-bukit lainnya. yang sedang hit adalah bukit cinta suramenggala yang berada di desa windujaya gerumbul peninis.
sebenarnya keberadaan bukit cinta suramenggala ini terletak di sebelah bukit tranggulasih sehingga bila ingin berwisata ke sana akses jalannya pun lewat bukit tranggulasih.

penasaran ingin melihat keberadaan bukit cinta suramenggala ini maka setelah mengunjungi curug muntu aku dan dua orang teman berangkat menuju ke sana. jalurnya tetap dari arah jembatan curug bayan kita mengambil arah ke desa melung setelah melewati beberapa peternakan ayam nanti akan kita temui persimpangan menuju arah desa windu jaya kondisi jalanan cukup menanjak untuk itu diperlukan kondisi kendaraan yang prima.
setelah melewati petunjuk jalan menuju pertapaan OSK akan kita temui papan selamat datang ke bukit tranggulasih. karena akses jalan menuju ke bukit cinta suramenggala seperti ke bukit tranggulasih maka kita harus melewati tanjakan jalan beton menuju ke tempat parkir sepeda motor.

setelah membayar biaya parkir sebesar 3000 rupiah / motor kita melanjutkan berjalan menuju ke atas bukit.
pertama kita akan melewati bukit datar tranggulasih yang biasa untuk berkemah dan menikmati sunrise kemudian sesampainya di sebuah persimpangan akan ada papan petunjuk arah kanan
menuju bukit tinggi dan arah kiri ke bukit cinta suramenggala

dengan jarak sekitar 50 meter dari persimpangan kita akan melewati jalan setapak dengan semak belukar di kanan kirinya, tanpa kesulitan yang berarti akhirnya sampai juga di bukit cinta suramenggala yaitu sebuah bukit yang cukup luas untuk berkemah atau kemping dengan pemandangan yang lebih luas dari bukit datar tranggulasih. dari sini tampak terlihat barisan rumah, hotel, villa di sekitar baturaden, gunung slamet, kota purwokerto dan bentangan bukit bukit lainnya seperti cendana serta laut cilacap dari kejauhan. para wisatawan pun bisa menikmati sunrise dan sunset dari bukit cinta ini. tampak ornamen-ornamen menghiasi bukit ini seperti boneka sawah, tulisan bukit dan simbol cinta dari anyaman bambu.
dari ketinggian bukit cinta suramenggala ini hawa sejuk khas pegunungan membuat betah untuk berlama-lama, rasa lapar yang mulai terasa membuat kita memesan makanan di sebuah warung di sekitar bukit ini.
cuaca yang mulai mendung menyudahi trip ke bukit cinta sura menggala untuk kembali pulang turun menuju kota purwokerto.

Lihat video jalan-jalan ke bukit cinta suramenggala desa windu jaya gerumbul peninis kabupaten Banyumas

Terima kasih gaes buat blog walkingnya ...