Saturday 26 December 2015

Desa Kalipagu yang terletak di kecamatan Batur raden kabupaten Banyumas memiliki destinasi wisata yang eksotis seperti curug-curug yang belum banyak dikenal secara umum seperti curug penganten, muntu dan bukit-bukit yang menawarkan keindahan alamnya baik di pagi hari yaitu sunrisenya dengan latar belakang gunung slamet dan malam hari dengan taburan bintangnya dan suasana sejuk serta gemerlap lampu kota purwokerto.
untuk jalan-jalan kali ini aku dan sepupuku yang lagi berlibur di purwokerto mengunjungi salah satu destinasi wisata di desa kalipagu baturaden yaitu bukit cinta.
di awali dengan persiapan pengecekan kendaraan sepeda motor yang harus prima karena akan menemui banyaknya tanjakan yang cukup curam. untuk mencapai ke desa kalipagu kita berangkat melalui jalur SPN purwosari - Tugu Muntul prompong - ke arah curug gede setelah sampai di lokawisata curug bayan yang terdapat banyak homestay kita lewat jalan samping yang tanjakannya lumayan curam menuju desa kalipagu

sesampai di desa kalipagu nanti kita menjumpai portal masuk lokasi desa kalipagu, pengunjung akan dikenakan tiket masuk ke desa kalipagu sebesar 2 ribu rupiah / orang.
setelah membayar biaya masuk kita langsung memarkirkan sepeda motor kita di salah satu rumah penduduk yang halamannya digunakan sebagai tempat parkir.  biaya parkir sepeda motor dikenakan sebesar Rp. 2000.
selanjutnya kita berjalan menuju jalur gorong-gorong atau pipa PLTA. untuk menuju bukit cinta kita mengambil jalur kiri yang menuju tower inspeksi pipa PLTA. selama dalam perjalanan akan kita lewati jembatan kecil setapak yang pegangannya dibeberapa bagian sudah putus kawatnya dan dibawahnya mengalir sebuah sungai dengan bebatuan yang besar jadi diperlukan kehati-hatian dalam melangkah.

setelah melewati tangga bebatuan yang menanjak kira-kira berjumlah 50 an, nanti akan dijumpai jembatan penyebrangan melintas di atas pipa PLTA yang terletak sebelum tower inspeksi pipa PLTA. kita pun menyebrang lewat jembatan ke bagian kanan pipa PLTA untuk kemudian melanjutkan mengikuti jalan setapak yang menuju bukit cinta kalipagu.
menyusuri jalan setapak bukit cinta kalipagu ternyata tidak mudah butuh ekstra hati-hati karena samping kanan kirinya jurang salah langkah sedikit saja bisa terjerembab ke jurang yang lumayan dalam. rimbunan semak belukar dan sisa batang pohon juga sering menghalangi langkah kaki, perjalanan yang ditempuh lumayan bikin keringetan kira-kira 700 meter dengan  kondisi jalan yang sering menanjak
akhirnya setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 menitan kita sampai juga di bukit cinta yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dengan view kota purwokerto, deretan rumah dan villa di baturaden, tebing selirang pancuran pitu, bukit cendana dan gugusan bukit-bukit lain serta gunung slamet yang saat itu sedang tertutup oleh kabut. selain itu kadang terdengar suara-suara binatang seperti burung, monyet dan anjing. sambil beristirahat kita melihat kondisi di area bukit cinta yang ternyata lumayan bersih karena tidak terlihat sampah plastik hanya terdapat sisa batang kayu bakar yang digunakan orang yang berkemah. memang areal bukit cinta tidak terlalu luas kira-kira hanya cukup menampung 7-10 tenda saja berdempetan jadi sebaiknya bila ingin berkemah menikmati sunrise mungkin tidak bertepatan dengan weekend.

setelah menikmati pemandangan dan berfoto di beberapa spot, kita memutuskan untuk kembali ke purwokerto karena cuaca yang mulai mendung takut tiba-tiba gerimis datang dan jalanan setapak yang kita lalui jadi lebih licin.

Untuk lebih lengkapnya bisa lihat video Jalan-jalan ke Bukit Cinta Desa Kalipagu Batur raden

terima kasih buat yang sudah berkunjung ke blog ini....