Sunday 20 March 2016



Banyak yang salah kaprah menyebut curug bayan sebagai curug gede yang ada di desa ketenger baturraden banyumas walaupun memang masih satu kawasan di desa ketenger ini. hal yang menonjol dari curug bayan adalah sudah dikelolanya secara baik dengan banyak fasilitas pendukung seperti tempat parkir, toilet, homestay, kantin warung dll sedangkan curug gede kurang begitu diperhatikan dengan melihat kondisi jalan bebatuannya sekarang sudah banyak yang tertutupi semak dan ilalang serta jalanan dari tanah liat yang kurang berpengaman jadi kalau ingin menuju ke curug gede harus ekstra hati-hati apalagi dengan kondisi jalan yang menurun tajam dan licin karena sebelumnya terguyur oleh hujan.
pada kesempatan jalan-jalan kali ini kita berlima berangkat menuju ke arah desa ketenger lewat jalur karang nangka - kutaliman menuju ke arah curug gede yang jalurnya tidak begitu padat kendaraan bermotor. sesampainya di kawasan dam jepang ketenger kita memarkirkan kendaraan sepeda motor dengan tarif masih 2000 rupiah.

kita langsung berjalan menuju arah curug gede dengan melintasi area permainan outbond menyusuri jalan setapak hingga saluran pembuangan air dengan kondisi jalan mendatar setelah itu barulah jalan setapak kondisinya menurun lumayan curam. jalanan yang berupa tanah liat yang masih basah dan licin lumayan membuat kita berjalan dengan memegang dahan dan ranting disekitar untuk mengimbangi langkah dan juga kadang harus berjongkok agar tidak terjerembab ke pinggiran yang berupa jurang cukup dalam. beberapa temanpun ada yang terpeleset, untung tidak sampai terperosok karena licinnya jalan. selama perjalanan menuju curug gede terlihat beberapa curug yang menurut penduduk sekitar nama salah satu curugnya adalah celiling.

akhirnya setelah kira-kira menuruni beberapa puluh anak tangga batuan kali dan jalan setapak tanah liat sampailah kita di samping sungai penuh bebatuan besar sekitar 30 meter dari curug gede. menyusuri bebatuan di sungai itupun ternyata tidak mudah banyak jebakan batuan kecil yang sangat licin hingga beberapa teman terpeleset masuk air sungai untung tidak mengalami luka serius cuman lecet-lecet saja.
sesampainya di pinggir genangan air curug gede, hujan gerimis kecil mengurungkan niat untuk berenang mendekati curug, dengan melihat debit air yang menampakkan kecenderungan peningkatan sehingga kita hanya bermain air di pinggiran bebatuan dan berfoto-foto sambil waspada. setelah puas menikmati pemandangan curug gede dan berendam di air curug yang jernih dan dingin akhirnya kita pulang menuju ke atas ke tempat parkiran untuk pulang kembali ke rumah.




Terima kasih buat blog walkingnya gaes jangan lupa lihat video Jalan-jalan kita ke Curug Gede Desa Ketenger Baturraden Banyumas



1 comment:

  1. saya suka banget dengan wisata alam terutama air terjun, ternyata ada banyak curug ya di Banyumas
    https://www.17sekians.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

VIDEO TERBARU

Popular Posts