Monday, 4 May 2015


Pagi ini seorang teman menghubungiku lewat BBM mengajak pergi ke curug belot karena pada hari kemarin batal pergi kesana. kebetulan dia dapat jatah libur hari senin ini dan aku juga gak begitu sibuk. kitapun mengobrol membuat kesepakatan dan mulai lah ditentukan waktu berangkat menuju ke curug, kita sepakat untuk mulai berangkat dari rumah temanku jam 10.30. persiapan seperti biasa gak ada yang terlalu ribet yaitu bawa air mineral dan kamera.  waktu menunjukkan pukul 10.20 aku pun meluncur pake motor menuju ke rumah temanku di jalan stasiun. setelah semua siap kitapun berangkat dengan melalui rute jalan stasiun - kober - bobosan - watumas - prompong - kebumen - sampai rempoah kita langsung cari kantor BRI cabang rempoah sebagai patokan  yang paling gampang karena depan kantor BRI disitulah jalan menuju curug belot yang berada di kanan jalan rempoah - baturaden. jalan masuk ke curug pun tidak terlalu jauh dari jalan raya rempoah baturaden kira-kira 100 meteran.
kitapun sampai dipelataran masjid/mushola untuk memarkirkan motor kita. disana jangan terkejut soalnya yang jadi petugas parkir seorang nenek. nenek itupun mempersilahkan kita untuk mengunjungi curug dulu dan untuk pembayaran parkirnya nanti setelah pulang dari curug. nenek itu juga berpesan kepada kita agar berhati-hati berjalan ke arah curug.
Curug Belot yang terletak di Desa Rempoah Kecamatan Baturaden merupakan salah satu dari sekian wisata curug yang ada di kabupaten Banyumas yang pengelolaannya belum digarap dengan maksimal

akses jalan menuju curug sebenarnya sudah memakai plester semen betonan sayangnya karena kurang terawat dengan baik dibiarkan berlumut jadi sangat licin makanya harus berhati-hati berjalan disarankan pakai sepatu atau sandal yang bertekstur kasar untung saja disebelah kanan jalan ada tambahan tangga tangga kecil terbuat dari semen jadi lebih memudahkan untuk berjalan. cukup dengan waktu beberapa menit saja karena memang cuman berjarak 200 meter saja dari tempat parkir kita sudah sampai di ujung jalan beton semen menuju curug. selanjutnya kita menyusuri samping sungai kira-kira berjarak 15 meter menuju ke air terjun curug belot. tapi tetap harus berhati-hati melewati batu-batu sungai karena kadang ada yang sangat licin batunya.

aliran air curug belot lumayan cukup deras. kejernihannya pun membuat aku sempat turun untuk berenang mendekat ke air terjun kemudian menuju samping belakang air terjun yang terdapat gua -gua kecil karena penasaran aku sempat melongok ke dalam gua-gua kecil tersebut ternyata terlihat adanya lubang / lorong-lorong kecil menyerupai seperti sarang ular karena gak mau resiko, aku gak melongok ke dalam gua lebih jauh




mungkin ada sekitar satu jam kita menikmati pemandangan curug belot dan tidak lupa untuk mengabadikan dengan kamera sambil berfoto selfie dengan latar belakang air terjun dan bebatuannya. kita pun menyudahi kunjungan ke curug belot dengan menaiki kembali jalan yang kita lewati tadi, pada saat perjalanan menuju tempat parkir nanti kita di minta sumbangan 2 ribu rupiah oleh pengurus curug tersebut guna iuran kebersihan dan perawatan jalan. karena sampai saat ini untuk perawatan dan perbaikan sarana curug masih mengandalkan dana swadaya masyarakat dan iuran yang diberikan pengunjung. menurut penuturan pengurus curug belot ke depannya mungkin nanti akan ada bantuan perbaikan sarana berupa perbaikan akses jalan dengan pemberian alat bantu penyangga pegangan untuk berjalan dari pemkab banyumas setelah sebulan sebelumnya ada kunjungan dari bupati banyumas dan dinas pariwisata. akhirnya setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan kembali dari curug kita sempat singgah di warung untuk membeli minuman dan makanan kemudian meneruskan perjalanan lagi ke tempat parkiran, kitapun membayar uang parkir sebesar 4 ribu rupiah (2 ribu rupiah/ motor) kepada nenek yang tadi kita temui saat pertama datang.
setelah itu kita meninggalkan lokasi curug untuk pulang kembali ke rumah masing-masing.

simak video jalan-jalan ke curug Belot di youtube channel bocahporka jalan-jalan

jangan lupa like & subscribe ya ...
















terima kasih udah mampir di blog aku








0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

VIDEO TERBARU

Popular Posts