Friday 1 May 2015

Salam hangat terdasyat buat blogwalker

Ceritanya begini sobat jadi saat dengar cerita-cerita dari teman-teman di socmed baik di facebook, twitter, instagram sama BBM an katanya ada suatu tempat wisata yang menarik yang mulai naik daun dan ngehits dikalangan para pecandu traveling yaitu sebuah curug / air terjun bertingkat 7 atau kalau dari penduduk setempat menamakannya dengan curug nangga karena bentuknya bersap sap seperti sebuah tangga, ane jadi pengen berkunjung ke sana untuk berwisata.
curug nangga ini mulai ngehits kira-kira baru sekitar beberapa bulan yang lalu atau pertengahan tahun 2014, salah satu peranan terbesar datang dari socmed dengan banyaknya unggahan foto-foto di FB , twitter, instagram atau video dari Youtube dari wisatawan yang sudah berkunjung kesana.
saking penasarannya aku ajak beberapa teman buat merencanakan kunjungan kesana. fix hari sabtu bulan maret 2015 ditentukan. buat lebih memudahkan kita coba browsing dulu di google untuk cari tahu rute yang bisa dilalui menuju objek wisatanya . sekitar jam 7.30 WIB kita siap untuk berangkat dengan membawa bekal seadanya yaitu air mineral dan sedikit snack. dengan memakai 2 motor masing-masing berboncengan karena cuman 4 orang yang berangkat.
untuk rute perjalanan dari purwokerto kita langsung menempuh arah ke barat melewati karang lewas, cilongok menuju ke ajibarang setelah sampai di pertigaan ajibarang kita lanjut lurus menuju ke arah bumiayu dari hasil googling dijelaskan untuk menuju ke curug nangga nanti patokannya setelah ada jembatan timbang akan ada sebuah tempat Rumah makan besar/ PO. Bus Sumber alam setelah itu ada jalan atau gang di kiri jalan raya. ternyata setelah kita ikuti petunjuk rutenya benar saja di mulut gang/jalan sudah ada tulisan arah menuju curug nangga. memang benar apa yang diceritakan di socmed jalan menuju kesana lumayan berkelok tajam dan sering menemui tanjakan atau turunan yang tajam jadi memang perlu diperhatikan juga kondisi kendaraan baik roda dua maupun empat terutama rem dan roda serta pengemudinya juga harus mahir. singkatnya setelah menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari jalan raya sampailah kita di sebuah perkampungan yaitu desa petahunan kecamatan pekuncen kita langsung memarkirkan kendaraan di komplek perumahan penduduk yang sudah disulap oleh masyarakat menjadi area parkir. untuk retribusi parkirnya untuk kendaraan motor roda dua dikenakan tarif 2 ribu. saat itu jam baru menunjukkan pukul 8.45 WIB
berlanjut kita langsung menuju ke lokawisata curug nangga ternyata dari tempat parkir lumayan jauh ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 2-3 km karena pada hari jumat malamnya hujan mengguyur di kampung tersebut maka akses jalan menuju kesana lumayan susah, jalanan didominasi dengan jalan setapak tanah liat dan berbatu. walau terlihat ada upaya pembenahan akses jalan dengan mengeraskan jalan menggunakan batu-batu kali dari masyarakat sekitar. tetap saja harus berhati-hati agar tidak terjatuh karena masih licinnya jalan bertanah liat dan berbatu tersebut ditambah samping kiri atau kanan ada jurang-jurang kecil.
Sebelum sampai ke area wisata disana nanti ada petugas wisata yang menarik tiket pengunjung. tarifnya Rp. 3000,-/ orang ... pemandangan indah selama perjalanan yang kita temui seperti sawah dan perbukitan lumayan mengurangi rasa penat
dan setelah beberapa saat perjalanan fiuhhh... akhirnya sampai juga ke loka wisata curug nangga. penampakan air terjun yang bertingkat 7 membuat takjub dan mengobati rasa penasaran kita

tidak lupa kita mengabadikan dalam beberapa foto selfie dengan latar belakang air terjun. sayangnya air yang berada di curug nangga berwarna agak kekuningan jadi urung untuk mencoba mandi atau berenang disana. ada sekitar 2 jam kita menikmati pemandangan indah air terjun curug nangga yang bertingkat tujuh setelah itu kita pulang dengan bersusah payah melalui tanjakan jalanan menuju lokasi tempat parkir. yang jelas lebih capek saat pulangnya. hehehe

jadi untuk sobat yang ingin berkunjung kesana aku mau kasih tips sedikit untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan :
1. persiapkan fisik dan mental
2. persiapkan kendaraan untuk menuju kesana kondisi harus prima seperti rem dan ban nya jangan lupa mengisi bahan bakar secukupnya
3. untuk kendaraan roda empat karena akses jalan menuju kesana agak sempit jadi harus sudah mahir mengendarai kondisi jalan yang menanjak dan menikung tajam.
4. bawalah perbekalan terutama air mineral kalau untuk mengatasi kelelahan bisa bawa air kelapa ataupun minuman isotonik
5. pakailah sepatu / sandal yang alasnya bergerigi / bertekstur kasar atau sepatu/sandal yang khusus panjat gunung untuk mengatasi jalan yang licin.
6. pakailah bambu atau kayu sebagai tongkat untuk membantu menopang kita berjalan di saat kondisi jalan licin atau menurun tajam
7. bawalah uang secukupnya untuk membayar parkir, tiket masuk serta jajan makanan atau minuman disana
8. jangan membuang sampah sembarangan untuk menjaga kebersihan di loka wisata curug
9. lihat cuaca sekitar curug apabila mendung turun hujan lebih baik kita menjauhi sekitar curug ditakutkan bila curah hujan deras daerah sekitar curug menimbulkan banjir.

Kalo pengen lihat videonya silakan kunjungi youtube cari Bocahporka jalan-jalan channel jangan lupa like dan subscribe ya...

Terima kasih sudah mampir di blogku ....